Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Syiah Kuala (USK) memberikan Sosialisasi Mitigasi dan Tanggap Bencana kepada para siswa SD Negeri 1 Peukan Bada, Aceh Besar (7/10/2023). Dalam menjalankan kegiatan ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi berkolaborasi dengan UKM Fastana (Fasilitator Tangguh Bencana) Universitas Syiah Kuala.

Ketua panitia acara Mhd. Hafiz Daniel mengatakan bahwa sosialisasi untuk bertujan untuk menumbuhkan kesadaran tentang bencana kepada pelajar, khususnya mereka yang tinggal di wilayah yang rawan bencana. Materi yang akan dikenalkan kepada para siswa meliputi dasar-dasar kebencanaan dan mitigasi, serta mitigasi dan penanganan bencana yang dibawakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi dan UKM Fastana.

“Materi kebencanaan mungkin terasa kurang menarik bagi anak SD, namun kami di sini berupaya memberikan pemahaman bencana yang menarik dan mudah dimengerti oleh mereka. misalnya mekalui cerita dan games”, kata Hafiz.

Kegiatan ini disambut baik oleh pihak sekolah. Kepala Sekolah SD Negeri 1 Peukan Bada, Nurlatifah mengatakan bahwa kegiata seperti ini harus dilakukan secara konsisten dan merata terkhusus kepada sekolah-sekolah yang berada pada radius bencana.

“Kegiatan sosialisasi ini bukan yang pertama di lakukan di sekolah ini, namun kami senang setiap kegiatan ini dilakukan. Karena bagi kami tema-tema kebencanaan juga perlu menjadi perhatian pelajar-pelajar kita. Melalui kegiatan ini, kami ingin SD Negeri 1 Peukan Bada dapat menjadi penggerak terdepan mitigasi di kalangan pelajar terkhusus lingkup Sekolah Dasar”, ujarnya. 

 Tidak hanya itu, para guru dan siswa juga berharap kegiatan sejenisnya dapat kembali dilaksanakan di sekolah mereka.

“Semoga, sosialisasi yang seperti ini dapat kembali dilakukan karena sangat mengedukasi dan memberikan pemahaman kebencanaan dan mitigasi kepada pelajar SD dan dapat dipraktikkan dirumah dan keluarga siswa”, ujar salah satu guru. 

Selain itu, siswa/i  SD Negeri 1 Peukan Bada memberikan tanggapan yang positif dan meriah pada saat sosialisasi berlangsung. Zaydan, Siswa kelas 4 SD Negeri 1 Peukan Bada menyebutkan bahwa acara sosialisasi yang berlangsung di SD nya dibawakan dengan menarik dan interaktif.

“Saya senang dengan kegiatan hari ini, pelajaran yang disampaikan kakak dan abang bisa saya mengerti dengan baik”, ungkap Zaydan.

Categories:

Tags:

Comments are closed

MAP PPS USSOR

MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN

WEBSITE RESMI MAPW

PROGRAM STUDI DOKTOR PENDIDIKAN IPS