DARUSSALAM – Lobi dan negosiasi memiliki kaitan erat dengan ruang lingkup dari bidang studi Ilmu Komunikasi. Akan tetapi banyak orang yang berasumsi bahwa lobi dan negosiasi adalah sebuah kegiatan yang bersifat menguntungkan satu pihak, yang mana seorang pelobi akan mencari segala celah agar mendapatkan apa yang diinginkannya secara maksimal. Padahal, pada dasarnya lobi dan negosiasi merupakan sebuah proses pendekatan yang dilakukan agar terjadi kerjasama dan tercapainya suatu kesepakatan dari kedua belah pihak.

Perihal inilah yang disampaikan oleh Deni Yanuar dalam kegiatan ‘Pelatihan Public Speaking dan Negosiasi Staff BEM USK 2023’ pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023 yang dilaksanakan di Ruang Kaca Gelanggang USK. Acara ini ditujukan kepada seluruh Staff BEM USK 2023. Narasumber pada acara kegiatan ini diisi oleh dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USK dimana materi mengenai negosiasi dibawakan oleh Deni Yanuar, S.IP., M.IKom. sementara public speaking dibawakan oleh Nur Anisah, M.Si.

“Lobi dan negosiasi biasa dilakukan ketika seseorang memiliki motif atau tujuan tertentu yang ingin dicapai. Karena dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan atau kebutuhan antara kedua belah pihak, maka dibutuhkan negosiasi ataupun perundingan untuk mencapai sebuah keputusan bersama. Tahapan tahapan yang dilalui dalam proses negosiasi secara runtut dijelaskan; mulai dari menjaga relasi yang baik dengan stakeholder hingga metode untuk mencari sebuah solusi apabila sulit ditemukan kesepakatan”, kata Deni dalam kegiatan tersebut.

Upaya untuk menjadikan proses negosiasi lebih efektif dan efisien, tambah Deni, adalah dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik. Dengan tersampainya pesan yang ingin disampaikan secara optimal maka akan memperkecil timbulnya kesalahpahaman, yang mana dapat berujung kepada konflik dan perbedaan. Dengan demikian, public speaking merupakan sebuah keterampilan atau skill yang patut dimiliki oleh semua orang.

Pada kesimpulannya, kegiatan training public speaking dan negosiasi yang dihadiri oleh Staff BEM USK 2023 ini adalah sebuah upaya yang bertujuan untuk untuk mendobrak stigma stigma buruk yang beranggapan bahwa lobi dan negosiasi adalah kegiatan yang bersifat negatif, dan juga yang memiliki anggapan bahwa public speaking merupakan sebuah skill atau keterampilan yang hanya dimiliki oleh mereka yang berada di ruang lingkup Ilmu Komunikasi. Bagaimanapun itu, Aktivitas lobi dan negosiasi yang baik perlu dilakukan dengan memiliki kemampuan komunikasi yang terlatih. Dalam pelaksanaannya pun harus ditunjang dengan perencanaan yang tepat agar hasil yang didapatkan sesuai sasaran.

Oleh : Muhammad Naufal Ghifari

Categories:

Tags:

Comments are closed

MAP PPS USSOR

MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN

WEBSITE RESMI MAPW

PROGRAM STUDI DOKTOR PENDIDIKAN IPS