Salsabila, mahasiswi Ilmu Komunikasi USK lulus dalam seleksi program mahasiswa mengajar ke Thailand yang diadakan oleh Universitas Syiah Kuala, Juli 2023. Program USK Mengajar 2023 merupakan suatu program yang dilakukan dengan mengirim mahasiswa dari berbagai program studi dari USK untuk mengajarkan berbagai pelajaran kepada siswa thailand selama satu bulan. Tahun ini, program tersebut diselenggarakan di Miracle Language Center di Yala, Thailand. 

Salsabila mengatakan, untuk dapat mengikuti program ini mahasiswa harus melewati proses seleksi terlebih dahulu. Seleksi dilakukan berdasarkan IPK mahasiswa dan wawancara terkait pengalaman yang telah dimiliki oleh mahasiswa peserta seleksi. Seleksi program ini diumumkan oleh pihak OIA dengan cara mengirimkan surat kepada beberapa prodi dan pihak prodi yang akan menyeleksi mahasiswa berdasarkan IPK lalu mengirimkan nama nama yang terpilih kepada pihak OIA.

Menurut Salsabila, program ini bukan hanya memberikan pengalaman pendidikan yang tak ternilai, tetapi juga memungkinkan mereka untuk berkontribusi positif pada perkembangan pendidikan di negara-negara mitra.  

“Saya sangat yang bersyukur berkesempatan berbagi ilmu yang saya miliki dengan siswa-siswi di Thailand. Bagi saya, ini bukan hanya tentang mengajar, tetapi juga tentang belajar dan memahami keunikan pendidikan di Negara Thailand, khususnya Narathiwat”, kata Salsabila. 

Para mahasiswa yang terlibat dalam program ini juga menghadapi tantangan unik, seperti beradaptasi dengan budaya dan sistem pendidikan yang berbeda, serta memperdalam pemahaman mereka tentang isu-isu sosial dan ekonomi yang mempengaruhi masyarakat setempat. 

Dr. Muzailin Affan, M.Sc Ketua Office of International Affairs atau OIA USK, mengatakan “Program mengajar ke luar negeri ini adalah langkah penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin pendidikan masa depan. Mereka tidak hanya mengajar, tetapi juga membangun jaringan lintas budaya yang berharga.” 

Pemerintah Indonesia dan lembaga-lembaga pendidikan tinggi tentunya sangat mendukung inisiatif ini sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan pendidikan berkualitas dan kerja sama internasional dalam bidang pendidikan. 

Harapannya, program mengajar ke luar negeri ini akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain di Indonesia untuk mengambil langkah serupa dalam meningkatkan kualitas pendidikan di luar negeri dan memperluas cakrawala pendidikan mereka sendiri. Dengan semakin meningkatnya partisipasi mahasiswa dalam program semacam ini, pendidikan di Indonesia dan di seluruh dunia akan semakin diwarnai oleh pengalaman dan pengetahuan yang lebih kaya dan beragam, membawa dampak positif bagi generasi mendatang. 

Oleh : Salsabila

Categories:

Tags:

Comments are closed

MAP PPS USSOR

MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN

WEBSITE RESMI MAPW

PROGRAM STUDI DOKTOR PENDIDIKAN IPS