Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala (USK), Dara Ismadana dinobatkan sebagi Duta Wisata Kabupaten Aceh Utara Pada 6 Agustus 2023. Ia terpilih bersama pasangannya Riamizard. 

Bagi Dara dan Riamizard, terpilih sebagai Agam Inong Duta Wisata Aceh Utara 2023 merupakan sebuah tantangan sekaligus kejutan. Keduanya tidak menyangka akan terpilih karena ada 80-an peserta yang mendaftar dan semuanya memiliki berbagai kelebihan.

“Di sini, tidak hanya tampilan fisik tetapi pengetahuan umum serta berbagai keterampilan juga di uji. Semua peserta terlihat hebat dan penuh percaya diri”, kata Dara.

Dara menceritakan alasannya ingin mengikuti kegiatan ini karena menurutnya semua orang harus memiliki kesadaran akan wisata dan cinta akan budaya yang ada di aceh serta alasan lainnya seperti ingin membantu mempromosikan serta ikut berperan dalam pusat pariwisata budaya yang ada di Aceh.

Dara mengaku, ia mempersiapkan diri sebaik mungkin saat ingin mengukuti ajang ini. Apalagi, tambahnya wakil dari Aceh Utara setiap tahun mendapat penghargaan berbagai kategori.

“Persiapan serius saya lakukan setelah saya masuk 10 besar Inong Duta Wisata Aceh Utara. Dari sana saya mempelajari destinasi unggulan di Aceh Utara, mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai wisata buatan,” jelas Dara.

Saat ini, Dara dan Ruamizard mengikuti berbagai tahapan persiapan menuju pemilihan Agam Inong Duta Wisata Provinsi Aceh di Banda Aceh, awal September mendatang.Mulai dari mengikuti sejumlah destinasi unggulan di Aceh Utara, mengikuti berbagai pertemuan sosial, sampai mengikuti berbagai pelatihan untuk persiapan ke tingkat provinsi. Mereka sedang mendalami sejumlah destinasi unggulan di Aceh Utara, mulai dari Pantai Bantayan, Air Terjun Tujuh Bidadari, Air Terjun Blang Kulam, Gunung Salak, rumah dan makam Cut Meutia, atau makam Sultan Malikussaleh.

“Kami bersyukur karena mendapat dukungan penub dari  Dinas Kemudaan, Olah raga, Pariwisata Aceh Utara yang mengundang sejumlah profesional untuk memberikan pembekalan, dan dari para senior Agam Inong Duta Wisata,” tutup Dara.

Oleh : Maikal Abroer

Categories:

Tags:

Comments are closed

MAP PPS USSOR

MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN

WEBSITE RESMI MAPW

PROGRAM STUDI DOKTOR PENDIDIKAN IPS