Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) kembali menorehkan prestasi di level nasional dengan meraih kesempatan untuk mengikuti Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo tahun 2023. KMI Expo merupakan pagelaran produk dan usaha mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk saling berkompetisi, mempromosikan produknya dan sebagai salah satu wadah untuk membangun jejaring.

Selain pagelaran produk (expo) terdapat kegiatan utama lainnya yang digelar yaitu KMI Award. Kompetisi KMI Award merupakan ajang kompetisi antar mahasiswa yang berwirausaha dan yang telah lolos pendanaan dari Pogram Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kegiatan ini merupakan salah satu program Kemendikbudristek untuk tingkat nasional yang dilakukan guna mendukung pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Tahun 2023, tim USK lolos 11 kelompok usaha untuk program P2MW dari seluruh kategori usaha. Selanjutnya dilakukan seleksi internal PT sebanyak 6 kelompok usaha dari masing – masing kategori yang berhak mengikuti seleksi di tingkat nasional dan berhak mengikuti KMI Award.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemdikbudristek No.7047/E2/KM.01.01/2023 tentang Peserta KMI Awards 2023, sebanyak 2 kelompok mahasiswa USK berhasil lolos bersama 492 kelompok mahasiswa lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Tim yang lolos tersebut salah satunya adalah tim E-tikbroh.yak dengan projek Aplikasi Jemput Antar Sampah ‘e-tikbroh’ yang dipelopori oleh sejumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USK. Tim e-tikbroh.yak berada dalam kategori digital. Tim ini terdiri dari Fadhia Sahla sebagai ketua dengan anggota Ghaitsa Al Zahira Zulfita, Eisyaiyutia, Marini Koto, Hafizh Hazarulfatin yang dibimbing oleh Rizanna Rosemary, S. Sos., M.Si, MHC., PhD. Tim lainnya yang juga lolos untuk mengikuti KMI Award di Bali adalah kategori Industri Kreatif Seni, Budaya dan Pariwisata yaitu Produk Kavi Hair Powder and Hair Spray. Tim ini terdiri dari Fuan Maharani sebagai ketua dengan anggota A.R Yana Sunarti, Rahmi Syafitri, Siti Aisyah, Aufa Annisak dibawah bimbingan Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M. Eng.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK, Prof. Dr. Mustanir, M. Sc di tempat terpisah mengucapkan selamat kepada tim yang telah lolos dan berhak mengikuti KMI Award 2023 yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Ganesha Bali pada November mendatang. “Pimpinan USK sangat mengapresiasi kepada semua tim yang telah bersaing pada tingkat nasional dan telah lolos KMI Awards 2023,” ucapnya.

Dirinya menambahkan bahwa USK siap mendukung seluruh kegiatan dan upaya yang dilakukan untuk pengembangan produk usaha mahasiswa dan siap bersaing dengan mahasiswa lainnya seluruh Indonesia pada ajang KMI Award di Bali.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan USK, Dr. Ir. Rahmat Fadhil, STP., M. Sc berharap semoga tahun ini USK dapat kembali menoreh prestasi dan mengukir nama pada ajang KMI Award.

 “Seperti yang kita ketahui, setiap tahunnya USK selalu meraih juara di Ajang KMI Award dan kami berharap dengan dukungan dan usaha dari berbagai pihak semoga kita dapat meraih kembali prestasi tersebut di tahun ini,” jelas Dr. Rahmat yang juga peneliti produktif itu.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan dibentuknya tim pengelola P2MW USK yang berperanserta dalam mendampingi dan melakukan monitoring serta evaluasi pada seluruh tim wirausaha USK yang memperoleh pendanaan P2MW, termasuk melakukan persiapan untuk KMI Expo dan KMI Award yang akan diselenggarakan di Bali. Adapun tim pengelola ini terdiri dari Sarika Zuhri, S.T., M.T dan Rizanna Rosemary, S. Sos., M.Si, MHC., PhD.

Categories:

Tags:

Comments are closed

MAP PPS USSOR

MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN

WEBSITE RESMI MAPW

PROGRAM STUDI DOKTOR PENDIDIKAN IPS