Zafira Miska

Darussalam – Program Studi Ilmu Komunikasi  (Prodi Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Syiah Kuala (USK) menyelenggarakan workshop kehumasan dengan tema “Humas Pemerintah di Era Digital” pada Kamis, 9 November 2023 di Aula Lt. 3 FISIP USK.

Kegiatan ini diikuti oleh 85 mahasiswa dan menghadirkan dua pemateri yang aktif bekerja di bidang kehumasan, yaitu Yusran Nasir selaku Analisis Monitoring Evaluasi dan Pelaporan di Pemerintah Kota Sabang dan Dhea Atifa selaku Penyusunan Bahan Informasi dan Publikasi di Dinas Perhubungan Aceh.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan kontribusi dalam mempertajam pemahaman mahasiswa Ilmu Komunikasi terkait kehumasan.

Uswatun Nisa selaku dosen sekaligus ketua koordinator workshop ini menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk inisiatif dari prodi Ilmu Komunikasi USK untuk mengenalkan mahasiswa pada aspek-aspek praktis dan relevan dari sebuah profesi.

“Profesi humas ini adalah salah satu profil program studi Ilmu Komunikasi dan saya yakin banyak dari mahasiswa yang mendambakan profesi ini untuk karir di masa depan mereka. Makanya kita mempersiapkan mahasiswa sejak dini untuk bisa beradaptasi dengan dunia kerja dan tahu apa saja peran dan fungsi dari sebuah profesi di lapangan kerja nanti,” jelas Uswatun.

Selain itu, Uswatun juga menambahkan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa tidak hanya fokus pada penguasaan materi, namun juga mampu mengaplikasikan konsep dan teori tersebut dalam isu-isu yang berkembang.

“Semoga mahasiswa tidak hanya menguasai materi dan konsep teorinya saja, tapi mereka juga harus bisa mengkonteksualisasikan antara konsep dan teori, serta beradaptasi dengan teknologi. Sehingga humas ini bisa didayagunakan untuk perkembangan teknologi lainnya, mereka juga bisa lebih kreatif, inovasi dan lebih maju kedepannya dengan pengalaman-pengalaman dari praktisinya,” tambah Uswatun.

Salah satu mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi, Muyassirah menjelaskan adanya kegiatan ini memberikan wawasan baru baginya untuk mengenal bidang kehumasan.

“Dengan adanya workshop ini, Muyas jadi lebih tahu mengenai kehumasan, strategi-strategi kehumasan di era digital itu bagaimana, apa saja yang humas lakukan di era digital ini, bagaimana kinerja mereka. Nah, jadi lebih menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kehumasan, apalagi kehumasan di era digital.” jelas Muyassirah

Sesi tanya jawab antara pemateri dan mahasiswa 9/11/2023 (Dok. Zafira Miska)
Yusran Nasir menjelaskan materi protokoler di aula lantai 3 FISIP USK 9/11/2023 (Dok. Zafira Miska)

Categories:

Tags:

Comments are closed

MAP PPS USSOR

MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN

WEBSITE RESMI MAPW

PROGRAM STUDI DOKTOR PENDIDIKAN IPS